Cara Membuat Masker Alpukat di Rumah

04.02.00

Alpukat adalah salah satu buah yang lezat dan menawarkan begitu banyak nutrisi, apalagi untuk solusi perawatan kulit alami. Tidak hanya memberikan manfaat saat dimakan, tapi ketika dioleskan pada kulit akan mengatasi kekeringan. Kandungan nutrisi pada buah alpukat mampu melembabkan kulit kamu.

Salah satu cara memanfaatkan alpukat untuk perawatan wajah adalah dengan membuatnya menjadi masker. Caranya akan sangat mudah dan hanya membutuhkan bahan yang sederhana. Alpukat mengandung banyak vitamin seperti beta karotin, lutein, vitamin B6, C, E dan K, potasium, zinc selenium dan folat.

Buah yang punya nama lain 'alligator fruit' ini kaya akan antioksidan, vitamin dan asam lemak yang bisa menyehatkan kulit dari dalam. Kalau dari luar kamu bisa menggunakannya langsung pada wajah untuk melembabkan dan meregenarasi kulit.

Masker Alpukat Sederhana

Ada banyak resep masker alpukat yang bisa kamu coba dengan paduan bahan lain seperti madu, susu, yogurt dan sebagainya. Tapi kalau kamu mau mencoba membuat masker alpukat tanpa campuran bahan lain berikut caranya.

Bahan :
  • 1 buah alpukat ranum

Cara membuat :
  1. Belah alpukat jadi dua, pisahkan dan buang bijinya
  2. Dengan sendok, ambil daging dari alpukat secukupnya dan masukkan ke dalam mangkuk
  3. Hancurkan dengan garpu sampai lembut dan mengental
  4. Oleskan merata pada wajah kamu yang telah dibersihkan sebelumnya
  5. Biarkan selama 15 sampai 20 menit
  6. Bilas sampai bersih dengan air hangat
Buat kamu yang punya butuh masker yang sesuai dengan kondisi kulit, mungkin bisa nyobain salah satu resep masker alami ini:

Manfaat Alpukat untuk wajah

Berikut sebagian manfaat dari masker wajah alpukat. Penggunaan secara rutin dapat membantu mengurangi noda, jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

1. Membersihkan kulit - Masker alpukat mampu menggantikan sel kulit yang sudah mati dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan, seperti polusi udara.

2. Menghaluskan kulit - Ada kandungan minyak di dalam alpukat yang mudah diserap oleh kulit, sangat efektif untuk mengembalikan kesehatan kulit. Membantu pembentukan sel kulit yang baru dan melancarkan peredaran darah di kulit.

3. Pelembab yang baik - Alpukat bisa jadi pelembab alami yang bisa dibuat sendiri dirumah, sebagai masker seperti ini misalnya.

4. Mengurangi kerutan - Racun yang menumpuk dalam tubuh akan membuat kulit jadi keriput, alpukat dapat mengatasi masalah penuan dini seperti ini.

5. Minyak dalam alpukat juga sumber kolagen yang baik, kolagen merupakan agen yang bertanggung jawab merawat elastisitas kulit. Maka dari itu penggunaan masker alpukat berkhasiat membuat kulit tetap awet muda, kencang dan memperlambat penuaan.

6. Minyak alpukat melembabkan kulit secara alami, membuatnya lebih bercahaya.

7. Kandungan enzim dan vitaminnya mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, bintik hitam dan iritasi.

8. Penggunaan masker wajah alpukat secara rutin membantu membersihkan kotoran yang menyumbat sampai ke dalam pori-pori. Ini mencegah timbulnya jerawat dan membuat kulit yang lebih bercahaya.

Nutrisi Buah Alpukat

Vitamin C

Alpukat sangat banyak mengandung vitamin C dan vitamin E. Vitamin C adalah antioksidan yang mudah larut dalam air, seharusnya ada dalam daftar diet harian kamu.

Disamping manfaatnya untuk menangkal radikal bebas pada lapisan sel kulit, vitamin C juga bertanggung jawab dalam memproduksi kolagen dan elastin, yang membuat sel kulit menjadi rekat satu sama lain dan menjaganya tetap elastis dan kencang.

Pelembab yang baik dengan jumlah vitamin C yang cukup dapat membantu dari luar, tapi tetap penting juga untuk mendapatkan vitamin C dari asupan makanan untuk hasil yang lebih maksimal pada kulit kamu.

Vitamin E

Satu lagi vitamin yang dapat ditemukan dalam buah alpukat, vitamin e merupakan antioksidan yang sangat kuat bagi kulit, tapi mudah larut dalam lemak memberikan efek yang berbeda pada tubuh. Vitamin E mencegah kerusak sel kulit dari oksidasi radikal dan dipercaya sangat bagus untuk mengatasi masalah penuaan yang menyebabkan garis samar atau kerutan.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari berlebih dan efek dari radiasi UVA dan UVB pada sel kulit.

Vitamin E yang terdapat dalam buah-buahan seperti alpukat mengandung tocopherols dan tocotrienols dan hanya suplemen vitamin E yang bisa memberikan efek yang sama.

Antioksidan

Manfaat alpukat juga mengandung antioksidan dan iritasi mengurangi carotenoids seperti alpha dan beta-carotene, beta-cryptoxanthin, lutein and zeaxanthin. Nutrisi yang bisa meringankan radikal bebas ini menyediakan perlindungan lebih pada kulit dari pengaruh lingkungan.

Jumlah kandungan carotenoids dalam asupan diet juga telah dilaporkan dalam penelitian untuk meningkatkan kepadatan dan ketebalan kulit, disamping itu juga memperbaiki warna dan penampilannya.

Asam Lemak Omega-9

Ini merupakan asam lemak utama yang banyak ditemukan dalam buah alpukat dan punya berbagai macam manfaat bagi kulit. Omega-9 dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembaban epidermis, membuatnya halus dan tetap kenyal. Selain itu juga membantu mengurangi iritasi dan kemerahan serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk sel kulit asam lemak dalam alpukat berfungsi menjaga sel kulit tetap halus dan tidak kering. Asam lemak omega-9 adalah salah satu kandungan dalam alpukat yang berfungsi menjaga penampilan kulit yang lebih sehat dan berseri, terlebih minyak alpukat merupakan salah satu sumber terbaik yang ada.

Minyak dalam buah alpukat sudah sejak lama digunakan dalam banyak produk kecantikan, seperti hand body lotion, masker wajah, minyak esens/oil bath dan kondisioner rambut.

You Might Also Like

0 comments